Di Segani, 7 Tokoh Indonesia Yang Menjadi Inspirasi Dunia

Tokoh inspiratif merupakan seseorang yang patut kita contoh serta penyemangat dan memberi pengaruh atas yang ia lakukan. Beberapa tokoh Indonesia yang menginspirasi negri ini dan dunia menjadikan contoh untuk kita sebagai warga negara menghormati dan meneladani perjuangan mereka serta inspirasi untuk kehidupan. Berikut tokoh-tokoh indonesia yang perlu kita ketahui peranan dan jasanya sebagai inspirasi.

1. I.r Soekarno                                  

Poklamator dan Presiden Indonesia yang pertama ini merupakan seorang tokoh inspirasi dan panutan yang berpengaruh di dunia. Sosok yang memiliki intergritas tinggi, disiplin, semangat perjuangan, dan memberikan peran besar dalam berkembangnya negara-negara di dunia. Soekarno juga merupakan tokoh yang disegani pemimpin-pemimpin dunia salah satunya presiden Venezuela Hugo Chavez adalah sosok yang sangat mengagumi sosok Presiden Soekarno dan mungkin ia salah satu presiden yang terbaik yang pernah ada. Jasa-jasa beliau bagi dunia adalah prakarsanya masjid biru saint petersburg didirikan di Rusia, menyelamatkan universitas Al Azhar di Mesir, Menemukan Makam Imam Bkhari.
 

2. Drs. Moh. Hatta             


Hatta merupakan Wakil Presiden pertama Indonesia bersama dengan Ir. Soekarno. Beliau sosok tokoh Inspirasi yang menggambarkan ketegasan, keberanian, dan optimisme yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin indonesia jika dia harus menghadapi kekuasaan kolonial dan memenangkan kemerdekaan bagi negeri ini. Ia memiki peran penting dalam mendirikan negara indonesia sekaligus menjadi seorang negarawan bersikap yang siap mengorbankan ambisi, kekayaan, dan kedudukan demi cita-citanya untuk negri ini.


3. R.A Kartini                    
      


R.A Kartini merupakan salah satu tokoh wanita yang menginspirasi dunia karena perjuanganya untuk memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia, dan namanya juga dijadikan salah satu nama jalan di negara Belanda. Kartini merupakan seorang wanita Jawa yang memiliki pandangan melebihi zamannya, Dia wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda kemudian dibukukan oleh Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang). Buku yang telah menginspirasi banyak wanita, tidak saja wanita di zamannya tapi juga wanita-wanita masa kini dan masa depan.

4. Jendral Soedirman

Soedirman merupakan seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Beliau menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia secara luas dikenal dan dihormati di Indonesia. Pada 19 Desember 1948, Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta. Soedirman, beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya, melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan. Beliau mengomandoi kegiatan militer di Pulau Jawa, termasuk Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto. Ketika Belanda mulai menarik diri, Soedirman dipanggil kembali ke Yogyakarta pada bulan Juli 1949. Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, ia dilarang oleh Presiden Soekarno. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh; ia pensiun dan pindah ke Magelang. Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Strategi perang gerilyanya sangat ditakuti musuh dan disegani oleh dunia sampai sekarang.

5. Ki Hajar Dewantara

                                           



Tokoh inspirasi dan Pahwan Nasional ini Pemilik nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini adalah pendiri Perguruan Taman Siswa. Perguruan Taman Siswa merupakan sebuah sekolah yang didirikan untuk para penduduk pribumi jelata agar dapat mengenyam pendidikan seperti halnya para priyayi dan orang-orang Belanda. Ajarannya yang dikenal sebagai Tut Wuri Handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sungtulada, berkontribusi besar dalam memberantas buta aksara di Tanah Air. Atas dedikasinya terhadap kemajuan negeri ini, tanggal lahir Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei pun diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.


6. Sutan Syahrir
                     


Sutan Syahrir merupakan pahlawan dan tokoh Indonesia, seorang intelektual, perintis, dan revolusioner kemerdekaan Indonesia. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia dari 14 November 1945 sampai 20 Juni 1947. Ia menjadi Perdana Menteri termuda di dunia pada masanya, dia adalah sosok yang cerdas, berintergritas tinggi, dan sikap nasionalisme yang terpendam dalam dirinya, bahkan namanya digunakan sebagai nama jalan di negara Belanda.
 
7. B.J Habibie               
  
Habibie merupakan Presiden ketiga Indonesia yang dikenal luas tak hanya di nasional saja, tetapi juga internasional. Prestasi gemilangnya saat memiliki karier di Jerman, sejumlah hasil penelitian serta ide teori di bidang termodinamika, konstruksi serta aerodinamika. Beberapa rumusan teorinya yang amat terkenal dalam dunia desain dan konstruksi pesawat terbang adalah “Habibie Factor”, “Habibie Method” dan “Habibie Theorem”. Kemampuannya telah diakui dunia tak hanya itu, negara lain pun ingin mempekerjakannya. Namun di tengah kesuksasannya diluar negri tersebut, B.J Habibie justru memilih kembali ke Indonesia untuk mengabdikan diri pada bangsa.Kecintaannya terhadap negri ini membuat Habibie ingin mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara maju. Setelah pulang dari luar negri habibie diberi tanggung jawab oleh pemerintah untuk mengembangkan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). B.J. Habibie juga dipercaya mengepalai bidang riset dan teknologi (sebagai Menristek). Bertahun-tahun kemudian, Indonesia pun berhasil membuat pesawat. Prinsip, tekad, dan perjuangannya menjadikan inspirasi bagi bangsa Indonesia.


Itu hanya sebagian tokoh inspiratif dari Indonesia sebenarnya masih banyak lagi tokoh-tokoh yang bisa menjadi inspirasi lain. Seperti Nabi, Guru, Kyai ,Pahlawan Nasional dan masih banyak lagi untuk kita ketahui dan teladani.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Di Segani, 7 Tokoh Indonesia Yang Menjadi Inspirasi Dunia "

Posting Komentar